Lifestyle

Resep Shiitake Dashi Kaldu Jamur Aman untuk Vegetarian atau Vegan

Selain kombu dashi, shiitake dashi juga jadi pilihan kaldu khas Jepang yang tepat untuk para vegetarian dan vegan.

Shiitake dashi merupakan kaldu ala Jepang yang dibuat dari jamur shiitake kering. Karena hanya dibuat dari jamur dan air saja, maka kaldu ini pun aman untuk para vegetarian atau vegan.

Shiitake dashi akan memberikan tambahan rasa umami dan juga meningkatkan rasa masakan. Selain itu juga bisa menjadi pengganti mecin.

Kamu bisa membuat banyak sekali sajian khas Jepang menggunakan shiitake dashi ini.

Di antaranya sajian seperti takikomi gohan, chawanmushi, nabeyaki udon, chikuzenni, nimono, aneka tumisan, harumaki, dan ikan kukus.

Berikut ini resep dan cara membuat shiitake dashi seperti dilansir Just One Cook Book:

Bahan shiitake dashi

  • 100 gram jamur shiitake kering
  • 2400 ml air

Cara membuat shiitake dashi:

1. Siapkan semua bahan. Periksa apakah ada kotoran yang menempel pada bagian jamur yang tersembunyi. Jika ada, bersihkan menggunakan kuas pastry. Jangan cuci dengan air.

2. Sedikit tips, beli jamur yang memiliki celah-celah berwarna putih tua di bagian topinya karena akan memiliki rasa yang lebih kuat.

3.  Kamu hanya bisa menggunakan jamur yang kering saja untuk membuat shiitake dashi. Jamur shiitake biasa yang masih segar tidak akan memiliki rasa umami yang intens seperti yang sudah dikeringkan.

4. Jika sudah bersih, siapkan wadah lalu letakkan jamur di dalamnya. Tuang air, lalu rendam jamur di dalamnya. Gunakan air dingin agar rasa dari jamur bisa perlahan terekstrak.

5. Letakkan wadah di dalam kulkas, rendam jamur selama beberapa jam atau lebih baik lagi hingga semalaman.

6. Sebagai alternatif, jika memang kamu terburu-buru bisa juga hanya merendam jamur dengan air hangat selama sekitar 15 menit atau hingga jamur lembut.

7. Jika jamur sudah lembut, peras jamur hingga air habis. Sisihkan air bekas rendaman jamur tersebut.

8. Kemudian, buang bagian batang jamur yang keras menggunakan pisau. Kamu bisa menggunakan jamur yang sudah direndam ini untuk aneka masakan.

Olah seperti biasa kamu mengolah jamur shiitake yang tidak dikeringkan.

9. Ambil air rendaman jamur tersebut, lalu saring dengan saringan yang halus untuk menyisihkan kotoran.

10. Gunakan air rendaman tersebut yang sudah mengandung jamur shiitake yang terkonsentrasi untuk masakan apa pun. Air rendaman tersebut yang disebut sebagai shiitake dashi.

11. Kamu bisa langsung menggunakannya atau bisa juga menyimpannya lebih dulu di kulkas.

To Top
togel online