Showbiz

Kasus Selebgram Rachel Vennya Jadi Perhatian 3 Menteri Jokowi

Rachel Vennya tampaknya tak mampu membendung netizen yang kabur sebagai pengikut Instagramnya. Tak kunjung melakukan klarifikasi atas kabar kabur dari karantina di Wisma Atlet Pademangan seusai melakukan perjalanan dari Amerika Serikat, akun Instagram wanita yang akrab disapa Buna menyusut hampir 51 ribu sembilan hari terakhir.

Terpantau dari socialblade, akun Instagram @rachelvennya awalnya memiliki 6.851.225 pengikut per 8 Oktober 2021. Namun, sejak 9 Oktober sampai hari ini, Minggu (17/10) jumlahnya terus menyusut menjadi 6.800.410 atau berkurang 50.815 pengikut.

Pengurangan terbanyak terjadi pada Jumat (14/10), satu hari setelah Rachel Vennya menulis permintaan maaf di Instagram Stories-nya. Jumlah pengikut janda dari dua anak itu berkurang sebanyak 16.186 akun. Kekecewaan bisa jadi faktor utama para netizen tak lagi menjadi pengikut Instagram Buna.

Sosok Rachel Vennya yang mungkin dijadikan panutan selama ini tampaknya tak dapat memenuhi harapan mereka akan sosok idola yang tanpa cacat. Netizen murka atas ulah mantan istri Okin yang diduga kabur dari karantina demi bisa merayakan pesta ulang tahun di Bali.

Rachel Vennya gabung Instagram sejak 23 Juni 2011. Selama lebih dari 10 tahun aktif, Buna telah membuat 1.571 postingan dengan rata-rata mengantongi 333 ribu tanda suka dan 1.259 komentar. Penambahan pengikut tertinggi dalam kurun 2 tahun terakhir terjadi pada Agustus 2020. Di bulan itu Rachel mendapat tambahan 577.832 pengikut.

Terkait kasus kabur dari Karantina, Rachel Vennya belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai kronologis peristiwa yang kabarnya melibatkan oknum TNI berinisial FS yang diduga membantunya kabur dari karantina. Rachel sendiri melakukan perjalanan ke Amerika dalam rangka memenuhi undangan Erigo.

Beberapa seleb ikut dalam rombongan. Di antaranya Luna Maya, Denny Sumargo, dan Enzy Storia. Setiba di Tanah Air celakanya ia tidak melakukan karantina selama delapan hari, sesuai aturan yang berlaku. Ia malah kabur dari Wisma Atlet dan bakal terancam sanksi.

Jadi Sorotan Menteri

Kaburnya Rachel Vennya dari karantina Wisma Atlet yang dibantu oknum TNI berinisial FS menjadi sorotan banyak publik hingga para pejabat, termasuk Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Budi sebelumnya mengaku sedih mendapati warga yang melarang aturan karantina karena mengancam keselamatan banyak orang.

Termasuk Menkes Budi, ini tiga menteri yang menyentil pelanggaran kaburnya Rachel Vennya dari karantina.

Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno merasa prihatin hingga geram mendapati informasi selebgram melanggar ketentuan karantina. Sandi meminta aparat bisa mengambil langkah tegas terkait hal tersebut.

“Tentunya prihatin dan sekaligus geram ya, karena kita yang berusaha mengatasi pandemi ini, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan termasuk protokol karantina. Seorang publik figur yang semestinya menjadi contoh, justru tidak memberi contoh baik,” kata Sandiaga, Jumat (15/10/2021).

Menkominfo Johnny

Tidak hanya Sandiaga, Menkominfo Johnny G Plate juga meminta Rachel Vennya mendapat efek jera dari hukuman tegas aparat.

“Sanksi tegas pasti dijatuhkan bagi yang melanggar,” kata Johnny, dikutip dari CNNIndonesia.

Diberitakan sebelumnya, anggota TNI yang membantu Rachel Vennya telah dinonaktifkan oleh Kodam Jaya.

Menkes Budi sebut sangat selfish

Menkes Budi dengan tegas menilai tindakan yang diambil Rachel Vennya sangat keliru. Hal ini dikarenakan akan banyak risiko kepada masyarakat luas jika hal tersebut dilakukan.

“Karantina kesehatan itu kan bukan buat kepentingan dia sebenarnya, tetapi untuk masyarakat juga. Kalau dia melanggar itu kan dia memberikan risiko ke publik. Jangan dilakukan lah,” jelas Menkes, ditemui di Desa Kanekes, Baduy, Rabu (14/10/2021).

“Sangat-sangat selfish,” lanjutnya.

To Top
7upcash 7upcash7upcash