News

Ini Cara Mendaftar dan Tahapan Seleksi SNMPTN 2020

Siswa yang hendak mendaftar SNMPTN 2020 bisa melakukan registrasi mulai Jumat (14/2/2020) hari ini di portal.ltmpt.ac.id mulai pukul 14.00 WIB. Pendaftaran SNMPTN 2020 akan ditutup pada 27 Februari 2020 pukul 23.59 WIB.

SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.

Cara Mendaftar SNMPTN 2020

  1. Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh sekolah, menggunakan email dan password login ke laman Portal LTMPT http://portal.ltmpt.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  2. Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.
  3. Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://www.snmptn.ac.id.
  4. Siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Seleksi SNMPTN 2020 akan dilaksanakan pada 28 Februari-3 April dan hasilnya diumumkan pada 4 April 2020. Siswa pendaftar tidak dipungut biaya apa pun. Biaya penyelenggaraan SNMPTN sepenuhnya ditanggung Pemerintah.

Tahapan Seleksi SNMPTN 2020

Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:

  1. mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih;
  2. memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah; dan
  3. menggunakan kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel, dan transparan.

Seleksi dilakukan dengan tahapan sebagai berikut.

  1. Siswa pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  2. Siswa pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.

Siswa pendaftar yang diterima melalui jalur SNMPTN 2020 tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2020. Perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SNMPTN 2020 akan diinformasikan melalui laman http://www.snmptn.ac.id.

Jadwal dan Pengumuman SNMPTN 2020

Dikutip dari situs www.snmptn.ac.id, untuk jumlah pilihan PTN dan program studi, siswa pendaftar dapat memilih paling banyak 2 program studi dalam 1 atau 2 PTN. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

“Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN,” demikian tercatat dalam situs tersebut.

Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2020 dapat dilihat pada laman https://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

Jadwal pelaksanaan SNMPTN setelah proses pendaftaran adalah pengumuman hasil seleksi yang akan disampaikan secara sertenak pada 4 April 2020.

Setelah hari pengumuman SNMPTN 2020, jadwal pelaksanaan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN dapat di lihat di masing-masing perguruan tinggi dituju.

To Top