News

Menko Puan Mengajak Kaum Milenial Membudayakan Minum Jamu

Menko Puan Mengajak Kaum Milenial Membudayakan Minum Jamu

Jakarta, Liputan7up.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani santer memperkenalkan jamu dan herbal nusantara pada golongan muda Indonesia. Termasuk juga saat Puan mencanangkan Gerakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jamu Berkapasitas Saing dan Herbal Indonesia Expo 2018 di Smesco Tower, Jakarta, Rabu (12/12).

Dalam peluang tersebut, Puan mengatakan pandangan faedah dari jamu dan herbal supaya bisa disosialisasikan dengan masif terpenting pada anak-anak, generasi muda atau generasi milenial saat ini.

“Melalui publikasi pada generasi muda akan tingkatkan mengkonsumsi jamu dan herbal, yang harus juga mempunyai kriteria aman dan berguna buat kesehatan,” papar Puan.

Menko Puan lalu menceritakan bagaimana dirinya semenjak muda sampai kini rajin konsumsi jamu. Menurut dia perihal tersebut merupakan ajaran ibunya yang kini ia lanjutkan ikut ajak anaknya untuk konsumsi jamu.

Puan sangat mengapresiasi kapasitas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang sudah memperkenalkan Langkah Pembuatan Obat Tradisionil yang Baik (CPOTB) pada beberapa UMKM jamu yang berada di Indonesia. Katanya, dengan begitu produk jamu produksi UMKM akan lebih higienis dan menarik. Ujungnya, pasti akan semakin banyak orang yakin pada produk jamu UMKM.

“Walau begitu, penelitian dan pengembangan butuh selalu di kembangkan, supaya bisa tingkatkan daya saing,” tuturnya.

Dalam Pencanangan Gerakan UMKM Jamu Berkapasitas Saing dan Herbal Indonesia Expo 2018, Menko Puan sempat juga menyerahkan sertifikat CPOTB dan Nomer Ijin Edar pada beberapa UMKM.

Menko Puan yang didampingi Menteri Koperasi dan UMKM Puspayoga, Kepala BPOM Penny Lukito, Ketua GP Jamu Irwan Hidayat ikut ajak beberapa undangan minum jamu bersama dengan sambil mencanangkan gerakan Penggalangan Gerakan Budaya Minum Jamu untuk menghidupkan kembali budaya minum jamu dan jadikan jamu menjadi minuman keluarga.

Sebelum tinggalkan tempat acara, Menko Puan ikut meluangkan diri mengevaluasi Herbal Indonesia Expo 2018 yang berjalan di lantai basic Gedung Smesco Jakarta.

Tidak hanya entrepreneur UMKM Jamu, ikut ada dalam Pencanangan Gerakan UMKM Jamu Berkapasitas Saing dan Herbal Indonesia Expo 2018, perwakilan Kemenperin, KKP, Kemendag, Kementerian Desa PDTT, Kementan, BEKRAF, perwakilan UMKM Obat Tradisionil (OT) Binaan BPOM, dan UMKM OT Favorit Daerah.

To Top