News

Ratusan Rumah Di Situbondo Rusak Terkena Puting Beliung

Ratusan Rumah Di Situbondo Rusak Terkena Puting Beliung

Jakarta, Liputan7up.com – Ratusan rumah di dua desa di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, porak-poranda diterjang angin puting beliung. Kerusakan sejumlah besar berlangsung pada atap rumah warga.

“Sesudah kami lakukan pendataan di Desa Baderan dan Desa Taman Kursi, Kecamatan Sumbermalang, terdaftar sekitar 270 rumah warga rusak mudah dan 11 rumah salah satunya rusak berat karena tertimpa pohon,” tutur Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdal Ops) Badan Penanggulangan Musibah Daerah (BPBD) Situbondo, Puriyono di Situbondo, Minggu (18/11) malam.

Ia menuturkan, berdasar pada dari info warga ditempat terdampak musibah alam, sebelum angin puting beliung menerjang dua desa itu, sudah sempat berlangsung kejadian alam hujan es sekitar 15 menit.

Beberapa ratus rumah yang rusak karena terjangan angin yang berupa pergerakan itu, tuturnya, rata-rata rusak di bagian atap seperti atap genteng, seng dan asbes.

“Walau demikian, warga desa terdampak musibah puting beliung itu, masyarakat tidak mengungsi dan bertahan tinggal di dalam rumah mereka semasing karena beberapa rumah yang rusak mudah sisi atap tempat tinggalnya dan warga langsung bergotong-royong melakukan perbaikan rumah mereka.

Puriyono memberikan, pada Senin (19/11) petugas Pusdal Opas BPBD ditempat akan kembali pada tempat musibah untuk menolong masyarakat korban musibah alam puting beliung.

“Tidak hanya angin puting beliung mengakibatkan kerusakan rumah warga, ikut mengakibatkan kerusakan tigak tempat beribadah (mushala) dan satu madrasah ,” tuturnya seperti diambil Pada.

To Top