News

FASI Lakukan Investigasi Untuk Cari Penyebab Jatuhnya Pesawat Erix Soekamti

FASI Lakukan Investigasi Untuk Cari Penyebab Jatuhnya Pesawat Erix Soekamti

Jakarta, Liputan7up.com – Pesawat microlight type Sky Ranger PK S160 punya penyanyi band Endan k Soekamti jatuh di Dusun Gading 1, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Selasa (4/9) sekitar pukul 16.00 WIB. Pesawat yang membawa pilot Faslan Havisha dan copilot Erix Soekamti ini jatuh dari ketinggian 5.000 kaki dan terlibat diantara pohon mahoni dan kelapa.

Pesawat berwarna merah kuning tersebut jatuh selesai alami mati mesin selesai terlepas landas dari Lanud Adisutjipto, Yogyakarta. Sampai saat ini belumlah di ketahui pemicu matinya mesin pesawat punya Erix Soekamti tersebut .

Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Adisutjipto, Mayor Sus Ambar Rejiyati mengatakan pemicu jatuhnya pesawat sampai saat ini masih dicari oleh Federasi Aero Sport Indonesia (FASI). Investigasi jatuhnya pesawat dikerjakan untuk tahu apakah pemicu mesin mati.

“Yang lakukan kontrol dan investigasi dari FASI. Di dalamnya (anggota FASI) memang benar ada anggota TNI AU. Tapi kapasitasnya menjadi FASI,” tutur Ambar saat dihubungi, Kamis (6/9).

Sesaat itu , Ketua Jogja Flying Club (JFC) Tjandra Agus Budiman membetulkan bila pihaknya tengah lakukan investigasi. Hingga nanti nya dapat di ketahui apakah pemicu dari mendadak matinya mesin pesawat saat ada pada ketinggian 5.000 mtr..

Tjandra menjelaskan paska berlangsung kecelakaan, pesawat langsung dievakuasi. Waktu ini , kata Tjandra pesawat ada di hanggar punya FASI yang ada di Lanud Adisutjipto.

“Investigasi pemicu jatuhnya pesawat dari ketinggian 5.000 kaki itu kini memang sedan g dikerjakan. Kontrol fokus ke mesin pesawat karena pendapat sesaat penyebab pesawat jatuh karena mesin mati. Problemnya adalah engine fail,” papar Tjandra.

Tidak ada korban jiwa dari kecelakaan pesawat latih punya Erix Soekamti ini . Baik pilot ataupun co pilot dalam keadaan selamat.

To Top