News

Tata Sungai Citarum Ridwan Kamil Butuh Anggaran 600 Miliar

Jakarta, Liputan7up.com – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan jika menjadi Komandan Unit Pekerjaan (Dansatgas) Citarum, dirinya tengah mempersiapkan design peningkatan Citarum ke depan.

“Jadi minggu ke-3 bulan ini akan ada expo Citarum. Semua stakeholder disatukan, kita pukul gong, kurang lebih begitulah ya. Membuat gagasan tindakan 2019 karena saya Gubernur baru ditunjuk Dansatgas tempat telah siap berjalan,” katanya, saat didapati, di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (8/1).

Ia mengatakan, dalam design tersebut, muka Citarum akan dirubah jadi lebih indah. Dengan begitu, Citarum tidak cuma bersih dari sampah, tetapi dapat juga jadi salah satunya tempat pekerjaan masyarakat.
“Bukan sekedar bereskan masalah sampah tetapi pun membenahi tempatnya. Jadi yang dahulu kotor tempat sampah dapat indah, dapat untuk masyarakat ruang umum, kerjakan pekerjaan dan lain-lain,” jelas ia.

“Kelak ada alun-alun kecil, pusat budaya Sunda, membuat jembatan romantis ada tiga, perahu-perahuan, patung seni dari air, membuat amphitheater buat musik. Jadi Citarum dari daerah belakang, jadi daerah depan,” paparnya.

Berkaitan biaya rehabilitasi dan revitalisasi Citarum tersebut, diakuinya belumlah dapat mengemukakan dengan detil. Akan tetapi, biaya akan datang dari beberapa sumber, termasuk juga suport dari APBN.

“Terdapat beberapa. Orang jenis saya tidak memercayakan dari satu sumber. Kan ada APBN. Saya meminta Rp 600 miliar untuk tahun 2019,” pungkasnya.

To Top