Pesta Kembang Api Dimalam Tahun Baru Di Bantul Dipindah

Jakarta, Liputan7up.com – Paska terjadinya tsunami di Selat Sunda, acara pesta kembang api dalam perayaan malam perubahan Tahun Baru 2019 yang sedianya akan digelar di Pantai Parangkusumo akan dipindah. Nanti acara pesta kembang api itu akan dipindah ke perbukitan Goa Selarong, Bantul.

Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo menjelaskan bila perpindahan tempat pesta kembang api dan pentas musik berdasar pada surat edaran dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Dalam surat tersebut diperkirakan akan ada gelombang pasang di lokasi Pantai Selatan.

“Memang dipindah dari Pantai Parangkusumo ke Gua Selarong. Itu karena pertimbangan kami berkaitan himbauan dari BMKG. Tidak hanya itu, untuk menghadapi perihal yang tidak diharapkan saat perayaan malam perubahan tahun di pantai juga. Sebab kan datangnya tsunami ikut tidak dapat diperkirakan seperti yang di Banten itu,” tutur Kwintarto, Jumat (28/12).

Ia menjelaskan fakta dipilihnya Goa Selarong menjadi tempat pentas musik dan pesta kembang api pada malam perubahan tahun karena dinilai tempatnya lebih aman. Tidak hanya itu lokasi Goa Selarong ada di daerah perbukitan dan mempunyai ruang yang luas untuk menyimpan beberapa orang.

Kwintarto menjelaskan walau acara pesta kembang api dan pentas musik dipindahkan tapi lokasi pantai masih dapat didatangi oleh wisatawan. Kwintarto menyebutkan bila pada malam perubahan tahun, lokasi pantai di Bantul memang jadi tempat favorite didatangi wisatawan.

“Walau tempat acaranya dipindah Pantai masih dapat didatangi wisatawan. Sebab pantai miliki daya tarik sendiri buat wisatawan untuk merayakan malam perubahan tahun,” tuturnya.

Sesaat itu, Komandan SAR Pantai Parangtritis Ali Joko Sutanto mengaku jika jumlahnya pengunjung Pantai Parangtritis saat musibah tsunami Banten memang alami penurunan. Meski begitu, Ali meramalkan pada malam perubahan tahun, jumlahnya wisatawan akan melonjak.
“Pengunjung memang turun, tetapi mendekati malam perubahan tahun diperkirakan masih naik karena Pantai Parangtritis itu salah satunya tempat favorite wisatawan untuk merayakan tahun baru,” papar Ali saat dihubungi, Jumat (28/12).

Exit mobile version