Gunung Anak Krakatau Masih Berstatus Waspada

Jakarta, Liputan7up.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengutarakan, kegiatan Gunung Anak Krakatau (GAK) di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung keluarkan 29 kali letusan dengan waktu 15 detik sampai 102 detik selama Senin (27/8) sampai Selasa dini hari.

Seperti dikutip dari Pada, Gunung Anak Krakatau juga alami embusan 32 kali, amplitu do 5-19 mm, waktu 10-61 detik. Kegiatan kegempaan vulkanik dalam 2x, amplitu do: 22-31 mm, S-P 2,1-2,5 detik, waktu 17-23 detik. Kegiatan kegempaan tremor menerus amplitu do 1-5 mm menguasai 1 mm.

Cuaca cerah, berawan, dan mendung. Angin bertiup lemah mengarah tim ur laut, tim ur, dan selatan. Suhu hawa 25-34 derajat Celsius, kelembaban hawa 59-83 %, dan desakan hawa 0-0 mmHg. Dengan visual keadaan kenampakan Gunung Anak Krakatau berkabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Visual saat malam hari dari CCTV teramati cahaya api dan material pijar. Ombak laut tenang.

Berdasar pada penilaian tersebut , diambil kesimpulan tingkat kegiatan Gunung Anak Krakatau Level II (Siaga). Karena itu , dikatakan referensi supaya masyarakat /wisatawan tidak diijinkan mendekati kawah dalam radius dua km. dari kawahnya.

Exit mobile version