Otomotif

Taiwan Berikan Subsidi untuk Motor Listrik

liputan7upcashDunia otomotif telah mulai masuk ke masa kendaraan listrik. Tidak cuma produsen mobil, sebagian besar pabrikan sepeda motor juga tawarkan produk yang tidak membuahkan emisi gas buang.

Tetapi, kendaraan setrum memerlukan banyak persiapan, sebelum dapat sukses di terima oleh penduduk. Diantaranya, masalah infrastruktur.

Taiwan ialah satu dari dikit negara di Asia, yang telah mempersiapkan infrastruktur untuk sepeda motor listrik. Dapat dibuktikan, ada satu motor listrik yang sekarang ini digemari di negara itu, yaitu Gogoro. Tetapi, pemakaiannya lebih mengarah usaha, bukan penggunaan pribadi.

Menurut Direktur Presiden PT Smart Motor Indonesia menjadi agen pemegang merk motor Kymco, Neo Chen, selain sebab infrastruktur yang sudah optimal, Gogoro pun sukses karena terdapatnya subsidi dari pemerintah mereka.

“Gogoro dapat terjual banyak, sebab di Taiwan ada subsidi dari pemerintah. Jadi contoh satu unit Gogoro harga nya Rp50 juta, konsumen perlu membayar Rp35 juta,” katanya di Jakarta, Jumat 19 April 2019.

Menariknya, subsidi itu bukan datang dari potongan pajak. Melainkan, produsen mengaku langsung ke pemerintah. Nilainya sama dengan satu unit skuter matik di Indonesia.

“Di Taiwan, subsidi tidak dari potongan pajak. Jika contohnya harga Rp50 juta di jual Rp35 juta, bermakna kan ada potongan Rp15 juta. Nah, itu kelak diklaim pihak produsen ke pemerintah,” katanya.

Click to comment
To Top