Otomotif

Puluhan Negara Memesan Mobil Pedesaan Buatan Indonesia

liputan7upcash Di dalam serbuan produk otomotif merk Jepang serta China, PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia berupaya mendatangkan pilihan kendaraan serbaguna untuk masyarakat yang menetap di desa. Akhirnya, muncul Alat Mekanis Multiguna Pedesaan atau AMMDes.

Berlainan dari kendaraan bermotor biasanya, AMMDes tidak cuma digunakan menjadi alat transportasi saja. Kendaraan itu dapat dipakai untuk menggiling padi, membuat es serpihan, memproses air bersih sampai feeder ambulans.

Menurut Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, alat untuk menampung keperluan penduduk di pedesaan itu sudah melalui beberapa tingkatan peningkatan serta eksperimen. Kemampuan produksi AMMDes sekarang ini 3.000 unit per tahun, serta gagasannya akan dinaikkan jadi 12 ribu unit per tahun di 2020.

“Komponen lokal AMMDes telah lebih dari 70 %. Muatan penuhnya dapat sampai 700 kg, serta macam kemiringan 20 sampai 30 derajat. AMMDes dilahirkan sebab lihat infrastruktur desa, hingga bisa digunakan di jalan yang begitu berlebihan,” katanya melalui info sah, Selasa 16 April 2019.

Selain untuk penuhi keperluan dalam negeri, AMMDes pun disukai oleh beberapa negara lain. Bahkan juga, PT Kreasi Mandiri Wintor Distributor menjadi penyalur, telah meneken letter of intent export 10 ribu unit AMMDes sampai 2023 ke 49 negara, termasuk juga beberapa negara di Asia Tenggara.

Menjadi info, AMMDes sempat digunakan untuk memproses air bersih di tiga lokasi yang terserang efek gempa di Propinsi Sulawesi Tengah sekian waktu lalu, yaitu di Kota Palu, Kabupaten Sigi serta Kabupaten Donggala.

Click to comment
To Top